Paket Tour Bali – One Stop Tourism Site, Taman Nasional Bali Barat >>

Bali adalah tujuan wisata yang sangat menggoda dengan pantai-pantai yang indah, pemandangan alam yang menakjubkan, serta budaya yang masih terjaga kelestariannya. Di bagian barat pulau terdapat sebuah lokasi konservasi flora dan fauna yang luasnya mencapai 10% luas pulau. Bagi wisatawan yang mencari menyukai alam liar maka tempat ini adalah alternatif Tempat Wisata di Bali, Taman Nasional Bali Barat namanya. Untuk mencapai taman yang terletak di Jalan raya Gilimanuk ini, pengunjung dapat menyewa mobil di Bali atau dengan menaiki kapal Ferry melalui pelabuhan Ketapang, Jawa Timur. Untuk lebih mudahnya, carilah Paket wisata Bali yang memasukkan taman ini dalam daftar kunjungannya.

Taman Nasional ini menaungi lebih dari 160 spesies hewan dan tumbuhan, seperti Banteng, Rusa, Lutung, dan aneka burung. Disinilah satu-satunya tempat dimana wisatawan dapat melihat burung Jalak Bali (burung endemik asli Bali), di habitat aslinya. Sejumlah flora hampir punah yang dilindungi di taman ini yaitu Cendana wangi (Santalum album), pohon Buni (Antidesma bunius), pohon Kepuh (Sterculia foetida), buah Mundu (Garcinia dulcis) buah asli Indonesia, dll. Luasnya mencapai 77.000 hektar, mencakup empat gunung yang sudah ada sejak jaman Pleistocene.

tempat wisata di Bali yang alamnya masih alami dan asri dapat Anda rasakan saat liburan ke Bali

Tempat Wisata di Bali yang alamnya masih alami dan asri dapat Anda rasakan saat liburan ke Bali !

Dibangun tahun 1917 oleh Pemerintah Kolonial Belanda untuk melindungi burung Jalak Bali yang hampir punah. Hingga saat ini taman ini menawarkan pengalaman Hiking dan Trecking melintasi hutan tropis (di bagian selatan), sabana kering (hampir seluruh area taman), hutan dataran rendah, dan hutan mangrove (di pesisir pantai). Terdapat tiga jalur hiking di taman ini yaitu Tegal Blunder (sangat terkenal bagi para pengamat burung), Gunung Klatakan, dan Prapat Agung Peninsula (perlu pemandu dengan jalanan yang menantang).

Di Taman Nasional ini, pengunjung dapat pula melihat keindahan taman bawah laut melalui aktivitas snorkeling dan menyelam di sekitar Pulau Menjangan. Selain itu, pengunjung dapat pula memancing di Teluk Gilimanuk. Sebuah one stop site berwisata di Bali bukan? Lihat di sini untuk Water sport Bali di Tanjung Benoa !

Pulau Menjangan terletak 10 km lepas pantai barat laut Bali. Terumbu karangnya masih terjaga karena termasuk dalam proyek konvervasi Taman Nasional Bali Barat. Kata Menjangan dalam bahasa jawa bermakna “Kijang”.

Wisata di Bali mengunjungi Taman Nasional Bali barat dengan petualangan seru

Wisata di Bali mengunjungi Taman Nasional Bali barat dengan petualangan seru

Di pulau inilah tempat Wall Diving terbaik di Bali, taman bawah lautnya sangat fantastis dengan berbagai jenis ikan dan biota laut. Terumbu karang dengan drop off sedalam 60 m dan formasi batuan mengelilingi pulau ini. Formasi batuan membentuk goa-goa besar dan kecil, tempat tinggal terumbu karang, kerapu besar, karang lunak, dan belut moray. Laut sekitar pulau ini adalah tempat hidup tuna, sekawanan ikan jackfish, penyut laut, dan juga hiu karena lautnya yang dalam dan berarus tenang. Karena keindahannya itulah, kini, berbagai agen perjalanan memasukkan Pulau Menjangan dalam daftar tujuan wisata dalam paket tour di Bali mereka.

Untuk mencapai pulau Menjangan, pengunjung dapat naik perahu yang dikelola oleh Taman Nasional Bali Barat. Terdapat pelabuhan kecil bernama Labuhan Lalang di Teluk Terima. Selain itu, pengunjung dapat pula menaiki perahu dari dermaga kecil di Teluk Banyuwedang (di sebelah Mimpi Menjangan Resort). Dibutuhkan 30-40 menit perjalanan dengan perahu menuju pulau ini tergantung cuaca dan beban perahu. Selama perjalanan, birunya laut yang membentang serta pemandangan gunung berapi di Jawa Timur akan memanjakan mata Anda.

Waktu terbaik untuk mengunjungi pulau Menjangan yaitu pada bulan April – November.

Wisata Bali dengan nyaman dan aman adalah prioritas kami – semoga Bali berkesan !