Tempat Wisata di Bali

Wisata di Bali sambil menikmati keindahan alam liar pulau Dewata >>

Siapa yang tak mengenal Bali? Pulau 1000 pura tempat singgah para dewa ini memang sudah tersohor keindahan alamnya, terlebih kalau masalah pantai. Di setiap sudut pulau ini nampaknya sudah terhampar pantai-pantai yang menjadi magnet untuk para pelancong yang menjejakkan kakinya di Bali. Begitu banyak Tempat wisata di Bali yang amat melegenda keindahannya. Sebut saja pantai Kuta, Jimbaran, Kintamani, Pandawa, dan kawan-kawannya. Objek wisata tersebut pastilah menjadi destinasi wajib di pulau dewata ini.

Namun sayang, karena ketersohorannya, pantai-pantai tersebut jarang sekali sepi. Sejauh mata memAndang, pasti ada saja turis-turis yang bersantai di sana dan membuat suasana menjadi riuh dan tak tenang.

Eits, tunggu dulu. Apabila Anda adalah jenis turis yang melakukan perjalanan wisata di Bali dan menginginkan ketenangan, Bali masih memiliki senjata pamungkasnya untuk menjerat Anda dengan ketenangannya yang memukau. Karena Bali memiliki setitik serpihan surga di sana yang terkenal dengan nama Air Terjun Tegenungan. Air Terjun Tegenungan -yang juga dikenal sebagai air terjun kemenuh- berada di desa Kemunuh, kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Jaraknya kurang lebih hanya 16 kilometer dari Denpasar yang dapat Anda tempuh dengan menggunakan sepeda motor selama 30 menit, karena belum ada transportasi umum ke sana. Atau untuk mempermudah perjalanan Anda, Anda dapat menggunakan jasa Sewa mobil di Bali yang biasanya sudah tercantum di Paket tour Bali. Meskipun saat ini belum terlalu banyak Paket wisata di Bali yang mencantumkan Air Terjun Tegenungan sebagai salah satu destinasinya.

Di sini Anda dapat menikmati suasana pedesaan yang menyejukkan mata dan menenangkan hati. Sawah-sawah terhampar luas, pohon-pohon menghijau, dan senyum-senyum ramah para penduduk pribumi bertebaran tanpa memungut bayaran.

Untuk menuju lokasi air terjun itu sendiri, ada harus menuruni ratusan anak tangga yang berbaris tak jauh dari tempat parkir. Namun jangan lupa, sisihkan uang Anda untuk membayar tiket masuk yang amat murah jika dibanding tiket-tiket ke objek wisata Bali lainnya. Kurang murah apalagi? Tiket untuk orang dewasa hanya 5000 rupiah, sedangkan tiket untuk anak-anak hanya 2000 rupiah.

Nah, setelah membayar tiket, silahkan mulai menjajaki anak tangga menuju Air Terjun Tegenungan. Memang melelahkan, apalagi bila Anda mengunjungi Bali di jam-jam matahari berada di titik kulminasinya. Namun jangan khawatir, kelelahan Anda akan terbayar lunas begitu kulit Anda menyentuh segarnya air terjun yang mengalir dari ketinggian 20 meter tersebut.

Sembari melepas penat, sebelum berbasah-basahan dengan aliran air yang tidak terlalu dalam tersebut, Anda dapat beristirahat sejenak dengan menikmati berbagai kudapan-kudapan yang dijajakan oleh para pedagang di sekitar area air terjun. Jangan lupa untuk membuang sampah di tempatnya ya, karena walaupun di sana sudah ada petugas kebersihan, menjaga kebersihan di sekitar area air terjun juga merupakan tanggung jawab kita.

Nah apabila Anda sudah siap, Anda dapat segera berendam dan bermandi-mandi ria di air terjun Tegenungan ini. Namun berhati-hatilah, walaupun kedalamannya tidak seberapa, debit air di air terjun ini cukup deras sehingga para pengunjung tidak disarankan untuk berenang di sana. Bila Anda ingin mandi dan berendam dengan aman, di sekitar air terjun sudah disediakan pemandian-pemandian bagi para pengunjung. Tak perlu risau, air yang digunakan tetaplah air murni yang berasal dari air terjun.

Setelah selesai berpuas diri di Air Terjun Tegenungan, jangan lupa untuk memastikan Anda sudah membuang semua sampah Anda dari lokasi wisata. Alangkah baiknya apabila Anda juga tidak mencorat-coret batu, tembok, atau apapun di sana. Jagalah perkataan Anda kerena selain hal tersebut menunjukkan kesantunan Anda, disana juga masih merupakan tempat suci yang biasa digunakan warga untuk beribadah.

Ayo liburan ke Bali sambil mengunjungi objek wisata favorite Anda !